Manfaat Buah Alpukat

Alpukat seringkali kita temukan di pasar dan sangat segar jika dibuat jus buah.  Bukan hanya rasa, ternyata bukan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.
Berikut merupakan vitamin dan zat pada alpukat.
1. Mengandung lemak yang sehat
Aku kan mempunyai  kandungan lemak yang baik untuk kesehatan. Lemak yang terkandung itu merupakan lemak tak jenuh tunggal yang bentuk asam oleat. Yang mempunyai fungsi sebagai zat yang bisa mengurangi kolesterol jahat dalam peredaran darah sehingga bisa mengurangi adanya serangan jantung  atau stroke.
2. Serat
Alpukat dengan ukuran   sedang mempunyai kandungan 11 gram  serat,   kandungan sebanyak itu  mencapai setengah dari kebutuhan serat harian tubuh manusia.
3. Mineral dan vitamin
Ada beberapa kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh  alpukat,  yaitu  kalium, vitamin C, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B5 dan vitamin K
4.Gula
Kandungan gula dalam  buah alpukat mencapai 0,2 gram, jumlah tersebut cukup kecil dan tidak berbahaya terhadap kadar gula  tubuh.
5. Protein
Ada kandungan sebesar 4 gram protein pada setiap buah alpukat.  hasil penelitian jumlah tersebut merupakan tertinggi dari pada kandungan protein pada buah yang lain.


Ada beberapa manfaat alpukat sebagai berikut:
1. Bisa menurunkan berat badan
Alpukat mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang mempunyai karakteristik mampu membakar energi tanpa harus disimpan dalam tubuh.  Lemak tak jenuh tunggal juga mempunyai karakter energi pembakarannya berlangsung lambat yang menghasilkan terasa kenyang yang lama sehingga bisa mengurangi intensitas makan karena tubuh tidak sering lapar.
2.  Mencegah diabetes
Buah alpukat mempunyai kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat atau LDL dan sekaligus bisa menambah jumlah kolesterol baik atau HDL. Dengan keseimbangan kolesterol dalam tubuh bisa mereduksi resiko  menderita diabetes.
3. Mencegah kanker
Phytochemical dalam buah alpukat merupakan suatu cara diet yang bagus untuk mencegah berkembangnya kanker dalam tubuh.
4.  Mengurangi   hipertensi atau darah tinggi
Alpukat juga mempunyai peranan dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh seseorang agar tetap stabil dan normal.
5.  Menghilangkan radikal bebas
Alpukat mempunyai antioksidan yang bagus bagi kesehatan tubuh untuk bisa menghilangkan racun tubuh melalui air seni dan keringat.
6. Menjaga kesehatan mata
Zat  luten karotenoid yang terkandung dalam buah alpukat bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata.
7. Mencegah stroke
Aku kan mempunyai kandungan folat yang bisa menekan risiko terjadinya stroke dalam tubuh.
8. Menjaga kecantikan kulit
Vitamin E yang terdapat dalam alpukat bisamenjaga kulit dari penuaan, selain itu vitamin C dalam alpukat bisa menjadi elastin dan kolagen yang menjaga elastisitas kulit supaya tetap terlihat kencang.
9.  mengatasi radang sendi atau encok
Encok atau rematik bisa juga diatasi dengan makan buah alpukat karena didalamnya terkandung zat anti inflamasi yang bisa mengatasi rasa sakit saat rematik atau encok itu sedang kambuh. Selain itu vitamin B dan C  bisa menjadi  karotenoid yang bisa mereduksi  radang penyebab penyakit Arthritis.
10. mencegah kecacatan pada bayi yang baru lahir
Folat  dan vitamin B yang dikandung dalam alpukat bisa mencegah terjadinya cacat lahir seperti cacat spina bifida dan cacat tabung saraf.
11. sebagai anti inflamasi
Alpukat bisa digunakan untuk mencegah terjadinya peradangan.
12. menjaga kesehatan rambut
Dengan melakukan creambath dengan jus alpukat kemudian  dibilaskan ke atas sambutan selama 15 menit dan dibersihkan maka khasiatnya bisa membuat rambut lebih sehat dan lebih hitam.
13. menjaga ketahanan tubuh

Alpukat jika dicampur dengan madu bisa menjadi ramuan yang bisa menjaga ketahanan tubuh dari penyakit maupun dari perubahan suhu atau musim. Sehingga manusia tidak mudah terserang penyakit dan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi