Peran pasar dalam kegiatan ekonomi
1. Menentukan menentukan harga dan Nilai suatu barang
Di pasar penjual dan pembeli melakukan transaksi sehingga terjadi
tawar-menawar yang nantinya menghasilkan harga bagi suatu barang dan jasa.
Harga tersebut merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli sehingga bisa
disimpulkan pasar adalah tempat terjadinya harga.
Di dalam pasar pembeli bisa menentukan berapa banyak jumlah barang
yang akan dibeli sesuai dengan kemampuannya. Sehingga berdasarkan data setiap
hari yang diperoleh dari pembiayaan konsumen bisa ditentukan berapa banyak
barang dan jasa yang akan disediakan sehingga proses jual beli bisa berjalan
dengan lancar karena jumlah barang dan jasa sudah tersedia sesuai dengan
kebutuhan yang ada
3. Memprediksi persediaan
Pasar bisa dijadikan indikator berapa jumlah barang dan jasa yang
dibutuhkan oleh masyarakat secara keseluruhan. Data-data yang bisa diperoleh
dari pasar bisa dijadikan rujukan bagi semua pelaku ekonomi termasuk pemerintah
untuk menyediakan persediaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat
pada waktu di masa depan. Ini penting ini penting supaya tidak terjadi
kelangkaan barang dan jasa dalam masyarakat.
4. Pengenalan produk atau promosi
Kita sering melihat beberapa perusahaan melakukan promosi produk
barunya di pasar. Mereka melakukannya dengan berbagai bentuk iklan, billboard,
brosur dan katalog, hal ini dilakukan karena terdapat banyak pembeli potensial
yang ada di pasar. Sehingga produsen lebih mudah memasarkan produk barunya.
5. Menjaga kelangsungan produksi
Setiap perusahaan pasti menginginkan produknya laku di pasaran. Karena
produk yang laku bisa menjaga eksistensi produksi pusat tersebut. Selain itu
pasar juga bisa dijadikan patokan terhadap jumlah produksi yang akan dihasilkan
oleh suatu perusahaan pada satu batu. Produksi yang berlangsung secara normal
bisa meningkatkan Jumlah pendapatan perusahaan sekaligus menambah lapangan
kerja.
6. Sebagai tempat distribusi barang dan jasa
Dengan semakin banyaknya pasar maka akan semakin mempermudah proses
distribusi barang dan jasa kepada konsumen. Sehingga fungsi-fungsi distribusi
terutama fungsi untuk menjaga harga dan mengatasi kelangkaan barang dan jasa.
Bagi konsumen bisa boot yang mendapatkan bahan dan jasa yang dibutuhkannya
sedangkan produsen bisa memperoleh keuntungan.
Comments
Post a Comment