Mengapa Indonesia sampai saat ini belum dikelompok sebagai salah satu negara maju ?

Hal ini karena :

a) Pendapatan perkapita penduduk Indonesia masih rendah, yaitu berkisar US$ 3.600 per tahun pada tahun 2011, sedangka negara-negara maju mempunyai pendapatan perkapita di atas US$ 12.000 per tahun, meskipun tidak semua negara berpendapatan per kapita tinggi merupakan negara maju. Tetapi kalau Indonesia mau disebut negara maju maka harus meningkatkan pendapatan per kapitanya sampai taraf itu.

b) Angka kemiskinan di Indonesia masih tinggi, yaitu mencapai 11,22 % dari jumlah seluruh penduduk di Indonesia, sedangkan negara-negara maju tingkat kemiskinannya tidak lebih dari 5% dari seluruh jumlah penduduk.

c) Laju pertumbuhan penduduk Indonesia juga masih tinggi, yaitu masih 1,49 % per tahun. Hal ini berbeda dengan negara-negara yang sudah maju, dimana jumlah pertumbuhan penduduknya di bawah 1% dan bahkan beberapa negara maju tidak mengalami pertumbuhan penduduk dan ada yang terjadi penurunan jumlah penduduk.

d) Angka melek huruf juga masih ketinggalan dari negara lain, yaitu 94,1 %. Jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya masih ketinggalan jauh, mereka angka melek hurufnya bisa mencapai lebih dari 99%. Selain itu di Indonesia, angka lulusan sekolah masih sebagian besar merupakan lulusan sekolah dasar dan menengah, sedangkan negara maju sebagian besar penduduknya merupakan lulusan perguruan tinggi.

e) Masih rendahnya kemampuan dalam menguasai IPTEK dan Indonesia masih tergantung pada impor produk-produk berbasis teknologi dari negara lain, misalnya dari Jepang, AS, dan negara-negara Eropa.


f) Sebagian besar masyarkat masih bekerja di bidang agraris, padahal negara maju sudah mengembang bidang industri dan jasa.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi