Yang Harus Dilakukan Indonesia untuk menfaatkan posisinya yang strategis

Langkah-langkah yang harus dilakukan bangsa Indonesia dalam memanfaatkan posisinya yang strategis

1) Membangun fasilitas yang bisa menaikkan konektivitas nasional, fasilitas tersebut antara lain: pelabuhan, jalan dan lapangan udara, serta sistem telekomunikasi yang canggih sehingga bisa meningkatkan nilai ekspor komuditas nasional tanpa terhambat oleh masalah terbatasnya transportasi & komunikasi.

2) Meningkatkan pemanfaatan potensi dan cadangan sumber daya alam dengan pengembangan yang sudah mengaplikasikan teknologi yang modern, sehingga menghasilkan produk yang mempunyai nilai tinggi.

3) Meningkatkan mutu penduduk dalam melakukan kegiatan pengelolaan sarana & prasarana bidang perhubungan dan komunikasi sehingga menghasilkan pelayanan yang berkulitas tinggi dalam mendukung kegiatan perdagangan dan jasa lainnya.

4) Meningkatkan penguasaan IPTEK dalam pengolaan sumber daya alam. Sehingga memunculkan inovasi dan perbaikan dalam proses produksi. Yang nantinya bisa menghasilkan produksi domestik yang mempunyai mutu tinggi dan bisa bersaing dengan produk luar negeri.

5) Melakukan jalinan kerja sama dengan negara-negara di kawasan regional Asia Tenggara dan Australia serta negara lainnya yang berada dalam jalur pelayaran yang sama sehingga bisa menciptakan kawasan perdagangan yang aman dan menguntungkan bagi semua negara.


6) Membuat produksi strategis di bidang perhubungan, misalnya : industri kapal, pesawat terbang dan kereta api, yang bisa mendukung kelancaran transportasi antar wilayah di Indonesia dan tidak tergantung pad produk impor.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi