Bentuk Luar Tubuh Hewan

1. Kepala
Kepala yaitu bagian paling penting dari tubuh hewan karena berfungsi untuk melindungi otak, selain itu di kepala terdapat beberapa indera seperti mata, hidung, mulut dan telinga. bentuk dari indera-indera di atas berbeda-beda pada setiap hewan.
Secara umum gambaran dari bagian kepala sebagai berikut :
a. Pada umumnya hewan memiliki mata yang tajam yang berfungsi sebagai memperjelas visual objek saat berburu. Hewan yang memiliki mata yang tajam misalnya : Burung elang, harimau dan ikan hiu
b. Mulut pada hewan unggas seperti paruh yang dijadikan alat untuk mengambil makanan atau mamatuk
c. Bagian hidung untuk bagian sistem pernafasan sekaligus sebagai alat pencium. Misalnya hewan gajah mempunyai hidung yang panjang yang dinamakan belalai  yang bisa digunakan untuk mengambil air serta makanan.
d. Bagian telinga yang luarnya terdapat daun telinga yang mempunyai fungsi untuk mendengar. Selain itu daun telinga juga mempunyai fungsi untuk mengatur suhu tubuh.
Pada beberapa hewan memiliki organ dikepala yang khusus dari pada hewan lain, misalnya :
a. Bagian antena yang dimiliki oleh sebagian besar serangga yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi, penciuman, peraba serta penciuman.
b. Gading pada hewan gajah mempunyai kegunaan sebagai alat memotong kayu, mengali tanah dan untuk perlindungan diri.
c. Cula & tanduk pada sebagian mamalia biasanya digunakan untuk pertahanan diri.

2. Badan
Pengertian badan yaitu bagian tubuh yang menjadi tempat bagian tubuh lainnya : seperti kepala, alat gerak serta ekor. Secara umum badan hewan bisa dibagi menjadi 3 bagian yaitu : dada, perut & ekor. Selain itu badan mempunyai fungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh seperti : hati, paru-paru dan jantung.
Pada hewan yang mempunyai ekor, bagian ini sangat berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh, menentukan arah dan membantu pergerakan tubuh.
Bagian luar badan biasanya dilindungi oleh kulit yang memiliki bagian sebagai berikut :
a. Rambut yaitu sering ditemui pada mamalia yang berguna untuk mengatur suhu tubuh.
b. Bulu pada hewan unggas, biasanya digunakan sebagai alat bantu terbang.
c. Sisik pada ikan & reptil sebagai pelindung dalam tubuh terhadap suhu luar.

3. Alat gerak

Pada umumnya hewan darat bergerak dengan kaki dan tangan, selain itu burung terbang menggunakan alat gerak seperti sayap dan ikan dalam menggunakan sirip sebagai alat geraknya.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi