Kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa

1. Dukungan pemenuhan kebutuhan ekonomi antara desa dan kota.
Secara umum masyarakat kota dan desa saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan ekonominya. Masyarakat kota tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhannya sebaliknya masyarakat desa juga begitu. Setiap kebutuhan desa dan kota memerlukan alat transportasi dalam menyalurkan barang kebutuhan ke daerah masing-masing. Misalnya masyarakat kota tidak bisa nemenuhi kebutuhan pangan seperti tanaman padi, maka masyarakat desa yang mayoritas petani akan memenuhinya melalui produksi pada di desa. Sedang masyarakat desa membutuhkan pupuk hasil industri di kota yang disalurkan ke desa untuk memenuhi kebutuhan petani di desa.

2. Alat pemenuhan kebutuhan bisa tersedia secara lengkap di desa dan di kota.
Tidak semua alat pemenuhan kebutuhan bisa dihasilkan sendiri dari masing-masing masyarakat, baik di kota maupun di desa. Mereka saling membutuhkan satu dengan lainnya. Dikota karena lahan pertanian sudah tidak ada lagi  maka membutuhkan hasil pertanian dari desa. Sedangkan di desa tidak terdapat areal industri membutuhkan produk-produk industri, seperti alat-alat elektronik dan tekstil maka bisa mendapatkan alat pemenuhan kebutuhan itu dari kota. Jadi kota dan desa tidak bisa hidup sendiri-sendiri karena mereka saling membutuhkan alat pemenuhan kebutuhan.


3. Jika alat pemenuhan kebutuhan tidak lengkap maka desa dengan kota bisa saling bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan itu, perbedaan tempat dan waktu bisa diatasi dengan adanya fasilitas transportasi yang baik dan komunikasi yang lancar. Desa yang unggul dalam bidang pertanian dan perkebunan bisa mengirim hasil bumi ke kota. Dan kota yang unggul dalam bidang industri, perdagangan dan jasa bisa mengirimkannya ke desa. Dengan begitu semua kebutuhan antara kota dan desa bisa terpenuhi dengan baik.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi