Pengertian Torsi


- Semua gaya bekerja dengan arah lurus. Sesuatu bisa berputar dengan adanya "torsi".
- Pengertian Torsi adalah sebuah gaya yang bekerja pada objek yang memiliki sumbu putar di tempat yang berbeda dari tempat gaya tersebut bekerja. Sumbu putar ini disebut titik tumpu.
- Sebuah pintu memiliki titik tumpu di engselnya.
- Besarnya nilai torsi disebut momen torsi.
- Makin jauh dari titik tumpu, pemberian gaya akan menghasilkan momen torsi yang lebih besar.
- Sebuah tuas memudahkan pemindahan barang dengan cara memanfaatkan momen torsi (besarnya nilai torsi).
- Tuas tingkat satu, seperti tang dan gunting. memiliki titik tumpu yang terletak di antara beban dan posisi pemberian usaha.Tuas tingkat dua, seperti obeng dan gerobak dorong, memiliki beban di antara posisi pemberian usaha dan titik tumpu.Tuas tingkat tiga, seperti lengan bawahmu dan pinset, memiliki posisi pemberian usaha yang terletak di antara beban dan titik tumpu.
- Roda gigi adalah seperangkat roda yang berbeda ukuran dan bergerak beriringan. Dengan roda gigi kita akan semakin mudah bersepeda menanjak bukit dan mobil bisa berakselerasi dari keadaan diam. Roda gigi melakukan semua ini dengan menyebarkan usaha yang diberikan pada jarak yang lebih jauh dari titik tumpu.
- Rasio roda gigi adalah perbandingan antara jumlah satu putaran penuh roda gigi pengendali dengan jumlah satu putaran penuh roda gigi yang dikendalikan.
- Semakin besar rasio roda gigi maka momen torsi yang dihasilkan akan semakin besar, tetapi putaran roda yang terkendali akan menjadi makin lambat.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi