Manfaat hutan

1. Hutan bisa bermanfaat sebagai penyaring udara sehingga polusi udara bisa dikurangi. Daun daun pohon di hutan mempunyai kemampuan untuk menyaring dan menyerap gas yang berbahaya bagi manusia. Selain itu hutan juga menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

2. Pada sektor ekonomi, hutan bisa menjadi tempat menghasilkan bahan baku bagi kegiatan industri dan Manufaktur. Sebagai contoh : Kayu bisa dimanfaatkan oleh industri kayu lapis untuk menghasilkan triplek atau multiplek yang bisa diekspor ke luar negeri. Hasil lain hutan seperti rotan bisa menghasilkan berbagai produk rumah tangga seperti: Meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Selain itu hasil hutan juga berguna bagi beberapa sektor industri misalnya industri minyak wangi, farmasi, cap, kimia, dll.

3. Ketika musim hujan, hutan bisa menjadi tempat serapan air yang bisa menjadi cadangan air ketika musim kemarau. Di bawah pohon-pohon yang ada di hutan akan muncul beberapa mata air yang merupakan cadangan air tanah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dan makhluk lainnya.

4. Hutan juga bisa menjadi pencegah terjadinya bencana alam misalnya banjir, tanah longsor dan erosi. Agar pohon mempunyai kekuatan untuk menjaga struktur tanah agar tidak bergerak atau mengalami longsor, selain itu akar juga bisa berfungsi untuk menyerap air hujan sehingga air hujan yang turun ke tanah tidak langsung turun ke dataran rendah dan hal itu melindungi dataran rendah dari bencana banjir.


5. Dengan banyaknya pohon yang ada di hutan akan menghasilkan sisa-sisa flora dan fauna yang akan melapuk yang kemudian akan menjadi humus. Tanah yang lapisan atasnya terdapat humus akan menjadi tanah yang subur dan bisa digunakan untuk Kegiatan perkebunan dan pertanian.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi