Pengertian dan jenis-jenis sumber daya alam

Pengertian sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang berpotensi dihasilkan oleh alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Sumber daya alam bisa berupa benda hidup maupun benda mati yang ada di bumi ataupun di alam semesta ini.

Jenis-jenis sumber daya alam
1. SDA waktu, merupakan sesuatu yang berkaitan tentang awal, sedang dan akhir dari suatu Rentan terjadinya sesuatu di alam ini. Misalnya: Musim terbagi Dua dalam rentang waktu setiap 6 bulan, maka masyarakat bisa memanfaatkannya dalam kegiatan pertanian, ketika musim hujan mereka akan menanam padi sedangkan ketika musim ke
marau mereka akan menanam semangka. Hal ini dilakukan berdasarkan rentang waktu tertentu dimana padi sangat membutuhkan banyak air sedangkan semangka tidak membutuhkan banyak air.
2. SDA ruang, merupakan dimensi atau wilayah yang ada di permukaan bumi yang bisa ditinggali oleh manusia dan makhluk hidup. Ruang bisa ada di atas tanah, di dalam air maupun di udara. Contoh ruang misalnya: Kota, merupakan ruang yang cukup besar yang bisa ditinggali oleh manusia sekaligus tempat tersebut sebagai tempat beraktivitas bagi seluruh kegiatan manusia yang tinggal di atasnya.
3. SDA energi, yaitu segala sesuatu yang bisa menjadi energi yang bisa membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Energi berfungsi untuk menggerakkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan manusia, misalnya mesin membutuhkan minyak, gas alam maupun batubara. Sebagian besar sumber daya energi ini merupakan SDA yang tidak bisa diperbaharui.
4. SDA hayati yang merupakan nama lain dari sumber daya alam yang berupa semua benda hidup yang ada di bumi. Kita sering menyebutnya makhluk hidup, yang terdiri atas tumbuhan, hewan dan manusia.
5. SDA materi, merupakan sumber daya alam yang berupa " benda" atau materi. Misalnya beberapa mineral yang bisa diambil dari alam, seperti: Siderit, limonit dan magnetit.


Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi