Sejarah penemuan virus

Dalam bahasa Latin, arti virus yaitu racun. Awal mula ditemukannya virus yaitu ketika Adolf Mayer yang merupakan seorang peneliti dari jerman menemukan adanya suatu penyakit mozaik pada tumbuhan tembakau pada tahun 1883. Pada saat itu Mayer melakukan eksperimen dengan menyiramkan konsentrat daun tembakau yang mengidap penyakit mozaik ke daun tembakau yang masih sehat. Ternyata tembakau yang sehat tadi juga menderita penyakit yang sama yaitu menjadi kerdil dan keluar warna belang-belang pada permukaan daun. Mayer berkesimpulan penyakit pada daun tembakau tersebut dikarenakan adanya bakteri yang begitu kecil.

Selanjutnya seorang peneliti dari Rusia yang bernama Dimitri Ivanowsky mencoba mengulang eksperimen Mayer. Pada saat itu Ivanowski mencoba menyaring bakteri pada daun tembakau tersebut dengan saringan khusus. Ternyata hasilnya tetap sama yaitu tembakau yang masih sehat tetap tertular penyakit mozaik tadi. Akhirnya Ivanowski menarik kesimpulan bahwa ada suatu bakteri yang begitu kecil sehingga bisa lolos dari saringan dan bakteri tersebut menghasilkan racun.

Selang beberapa tahun, Martinus W Beijenrinck mengadakan eksperimen yang sama lagi. Dia merasa penasaran dan beranggapan ada faktor lain di luar bakteri yang menyebabkan penyakit mozaik pada daun tembakau tersebut. Hal ini juga dilakukan oleh Wendell Stanley yang bisa akhirnya mengkristalkan agen yang bisa menginfeksi daun tembakau tersebut. Dia menamakan agen tersebut tobacco mozaic virus.


Selanjutnya setelah penelitian tersebut ilmu pengetahuan tentang virus berkembang dan bisa membagi jenis virus menjadi dua yaitu virus yang mempunyai nukleus dan virus yang mempunyai sitoplasma. Jika virus menempel pada benda mati maka virus juga menjadi benda mati, tetapi jika virus tersebut masuk kesel benda hidup maka dia bisa dikatakan benda hidup. Pada kondisi sebagai benda mati virus disebut virion, yang artinya virus Hanya dianggap partikel kecil atau mikroskopis yang bisa menjadi kristal.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi