Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia


Faktor yang dapat memengaruhi kebutuhan manusia meliputi: keadaan alam (tempat), peradaban/kebudayaan, agama, dan adat istiadat.


a. Keadaan Alam
Situasi dan kondisi alam sekitar tempat tinggal suatu masyarakat  akan memberi pengaruh terhadap jenis barang dan jasa yang dibutuhkan. Misalnya, barang serta jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan akan berbeda dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pantai.
Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan cenderung memakai pakaian yang tebal dan menyantap makanan yang hangat dan berkadar lemak tinggi. Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah pantai kurang membutuhkan pakaian yang tebal dan cenderung menyukai makanan yang segar dan minuman dingin.
b. Peradaban atau Kebudayaan
Peradaban atau kebudayaan juga mempengaruhi kebutuhan manusia. Peradaban manusia terus meningkat dari  masa ke masa. Sejalan dengan kemajuan jaman, kebutuhan manusia terus mengalami perubahan dan perkembangan. Contohnya, kebutuhan memenuhi sarana transportasi berkembang dari kebutuhan akan angkutan yang sekedar membantu manusia bepergian sampai pada kebutuhan akan angkutan yang sangat cepat dan aman.
c. Agama dan Adat Istiadat
 Adat istiadat serta agama bisa memberi pengaruh terhadap  jenis barang serta jasa yang dibutuhkan oleh seseorang. Misalnya penganut Agama Islam ketika melakukan ibadah memerlukan perlengkapan sholat seperti sajadah dan rukuh. Umat Kristen/Katolik menjelang perayaan Natal membutuhkan pohon Natal beserta perlengkapannya.
Karena kebutuhan manusia bermacam-macam dan selalu meningkat, maka hampir tidak mungkin orang dapat memenuhi semua jenis kebutuhannya. Meskipun demikian, manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhannya sebanyak mungkin. Suatu keadaan yang menunjukkan semua kebutuhan dapat dipenuhi disebut kemakmuran.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi