Angkat Besi

Angkat besi merupakan cabang olahraga yang bersaing untuk dapat mengangkat beban berat (barbel). Olahraga angkat besi biasa disebut angkat berat. Sementara itu, atlet olahraga ini lazim disebut lifter.
Olahraga ini mudah dilakukan dengan melakukan perpaduan fitnes, kekuatan, disiplin, fleksibilitas, konsentrasi, teknik, mental, kemampuan, atletis, dan kekuatan fisik. Hal yang paling umum terjadi dalam olahraga ini adalah cedera lutut dan cedera siku.
Menurut catatan sejarah, olahraga ini berasal dari Mesir kuno dan Yunani. Ketika itu, olahraga ini dilakukan sebagai cara untuk mengadu kekuatan dan kekuasaan. Sementara untuk kejuaraan tingkat dunia, kali pertama digelar di Kota London pada 1891. Ketika itu, olahraga ini diikuti oleh para peserta dari enam negara.
Olahraga ini juga sudah menjadi bagian pertandingan olimpiade sejak olimpiade modern pertama diselenggarakan di Athena pada 1896. Namun, untuk wanita, olahraga ini baru resmi dipertandingkan pada Olimpiade Sydney 2000.
Dalam olahraga ini, terdapat dua jenis angkatan yang sering dilombakan, yakni angkatan clean and jerk dan snatch.
1. Clean And Jerk
Jenis angkatan ini merupakan jenis angkatan langsung tanpa jeda. Artinya, setiap lifter harus mengangkat beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut sampai kedua tangan mengangkat beban (barbel) lurus di atas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan tanda angkatan telah sah.
2. Snatch
Jenis angkatan ini, lifter mengangkat barbel dalam dua tahap. dimulai dengan mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang- ancang, lifter kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan tanda angkatan telah sah.
Berikut ini merupakan kelas-kelas yang dipertandingkan dalam angkat besi.
1. Putra
a. + 105 kg                 e. 77 kg
b. 105 kg                    f. 69 kg
c. 94 kg                       g. 62 kg
d. 85 kg                      h. 56 kg
2. Putri
a. +75 kg                    e. 58 kg
b. 75 kg                      f. 53 kg
c. 69 kg                       g. 48 kg
d. 63 kg


Sumber : Ensiklopedia Pengetahuan Popoler
Sr. Dida Yugantara

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi