Kamus Ekonomi : Sistem nilai tukar tetap dan lain-lain

Sistem nilai tukar tetap : (fixed exchange rate system)
Suatu sistem nilai tukar antar mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain yang tidak diperbolehkan/dimungkinkan lebih tinggi atau lebih rendah daripada yang telah ditetapkan oleh penguasa moneter.
Lawan: floating atau fluctuating exchange rate system.
Sistem pasak : peg system
Suatu sistem dimana penguasa moneter menetapkan nilai tukar mata uangnya di bursa uang dalam batas-batas penyimpangan kecil yang diperbolehkan.
Sistem pasak merangkak : crawling peg system
Sistem kurs yang memungkinkan perubahan secara teratur tetapi diusahakan sekecil mungkin.
Sistem pasak yang disesuaikan : adjustable peg system
Sistem yang sewaktu-waktu merubah kurs resmi, perubahan itu diperlukan untuk disesuaikan dengan nilai mata uang domestik yang naik atau turun.
Sistem pemasaran perusahaan : company marketing system
Suatu sistem pemasaran perusahaan yang terdiri dari beberapa arus barang/jasa, komunikasi, uang dan informasi yang mengalir di antara perusahaan dengan pasar.
Sistem pemilikan saham : stock ownership plans
Sistem kompensasi kepada karyawan berupa pemilikan saham perusahaan dengan tujuan agar mereka merasa sebagai pemilik perusahaan dan berkepentingan atas maju mundurnya perusahaan.
Sistem plat lebar : wideband system
Naik turunnya kurs wesel tidak dibebaskan sepenuhnya, umumnya tetap dan sistem bebas penuh. Sistem yang sering diterapkan adalah sistem plat lebar yang berarti kurs boleh bergerak bebas di antara dua batas, tetapi tidak boleh melampaui batas yang telah ditentukan itu.
Si tertarik : drawee
Mengenai wesel, berarti orang yang kena tarik wesel atau orang yang diminta membayar uang sebagaimana tercantum dalam wesel.
Skala upah meluncur : sliding scale
Sistem upah yang diberikan kepada karyawan perusahaan, yang besarnya berubah-ubah dipengaruhi perubahan harga produk yang dihasilkan perusahaan.
Solvabilitas keuangan : financial solvency
Posisi keuangan yang memungkinkan perusahaan mampu membayar utang-utangnya tepat pada waktunya.
Spekulasi : speculation
Dalam dunia usaha : tindakan-tindakan penuh risiko berupa penawaran sejumlah uang dalam suatu usaha dengan harapan mendapat keuntungan yang tinggi pada waktu yang akan datang.
Spekulator : speculator
Seseorang yang menanamkan sejumlah uangnya dalam usaha penuh risiko dengan harapan mendapat keuntungan yang tinggi pada waktu yang akan datang.
Spekulator ahli : professional speculator
Spekulator yang dalam kegiatannya mencoba memperkirakan harga surat-surat berharga dan atau barang-barang lainnya pada waktu yang akan datang berdasarkan rumus perhitungan sendiri dengan harapan memperoleh keuntungan.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi