TTS Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Teka-teki silang Perkembangbiakan Makhluk Hidup yang sangat berguna untuk latihan, les, tugas, OSN dan belajar di rumah untuk siswa Sekolah Dasar (SD).


Mendatar

2.     ......... atau geragih, yaitu batang yang tumbuh mendatar di permukaan tanah, bagian yang menyentuh tanah akan tumbuh tunas yang berakar dan berdaun. Contoh: stroberi dan rumput teki
4.     Umbi ..........., yaitu pelepah daun yang berlapis-lapis. Pada bagian atasnya tumbuh daun, sedangan pada bagian o bawahnya terdiri atas cakram dan akar serabut.
7.     .......... atau akar tinggal, yaitu batang yang seluruhnya ada dan tumbuh menjalar di permukaan tanah. Tumbuhan baru tumbuh dari ketiak sisik setiap buku akar tinggal. Contoh: jahe dan kunyit.
12.   ............ adalah peristiwa luruhnya dinding rahim sehingga terjadi pendarahan yang disebabkan karena tidak ada pembuahan sel telur yang dilepaskan dari indung telur oleh sperma.
13.   Umbi ............, yaitu akar yang membesar berisi cadangan makanan. Jika ditanam dengan pangkal batang akan tumbuh tunas, dan tunas tersebut merupakan tumbuhan baru. Contoh: wortel dan singkong.
15.   Umbi .........., yaitu batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi.Pada permukaan umbi tumbuh sisik dan kuncup yang membentuk mata tunas. Contoh: kentang dan ubi jalar
16.   Penyerbukan .........., serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu famili.
18.   Perkembangbiakan vegetatif ......... adalah perkembangbiakan tumbuhan secara tak kawin dan dilakukan secara sengaja oleh bantuan manusia.
19.   Manusia akan mampu berkembang biak ketika wanita dan pria sudah mengalami masa ........
20.   Alat reproduksi sel sperma disebut ......
22.   Perkembangbiakan hewan secara ........... (tak kawin) dapat melalui cara membelah diri, tunas, dan fragmentasi.
27.   ..............., yaitu memperbanyak tumbuhan dengan cara menancapkan potongan batang tumbuhan induknya.
28.   Penyerbukan ......., serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih satu jenis.
30.   ............ adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur
31.   Hewan yang berkembang biak dengan cara ........... diri adalah hewan bersel satu seperti amoeba, protozoa, dan Paramecium.
32.   Penyerbukan .........., serbuk sari jatuh di kepala putik bunga itu sendiri.

Menurun

1.     ............ adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan anaknya
3.     ................ adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur melahirkan. Hewan bertelur dan menetas di dalam tubuh induk betina. Jika sudah cukup waktu, anaknya keluar dari tubuh induknya. Contohnya yaitu ular dan kadal.
5.     Manusia berkembang biak atau bereproduksi dengan cara ..............
6.     ................. merupakan cara berkembang biak hewan tingkat rendah dengan pemotongan bagian tubuh tertentu. Potongan tubuh tersebut akan tumbuh kembali menjadi keturunan baru
8.     .............. atau mengenten, yaitu menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuannya adalah menggabungkan sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki gabungan beberapa sifat unggul.
9.     ............. adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik.
10.   peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang akan menghasilkan ........
11.   Perkembangbiakan secara ............ adalah perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan.
14.   Tunas ........., yaitu tumbuhan baru yang tumbuh dari bagian yang biasanya tidak bertunas seperti daun dan akar.  Contoh: cocor bebek dan kersen.
17.   Perkembangbiakan vegetatif ....... yaitu perkembangbiakan tumbuhan yang terjadi secara tak kawin dan terjadi dengan sendirinya tanpa bantuan manusia.
21.   Penyerbukan .............., serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang masih satu pohon.
23.   ............., yaitu tumbuhan baru yang tumbuh dari batang yang terdapat di dalam tanah. Ketika masih muda tumbuh di sekitar induknya sehingga terbentuk rumpun. Contoh: pisang dan bambu.
24.   ............, yaitu memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan tumbuhan induknya. Biasanya tumbuhan berkeping dua atau dikotil. Contoh: mangga, rambutan, jambu, durian.
25.   .......... atau indung telur pada wanita akan  memproduksi sel telur
26.   Jika sel telur bertemu sel sperma, maka akan terjadi ..............
27.   ................., yaitu memperbanyak tumbuhan dengan cara merundukkan batang atau cabang ke tanah.
29.   Menempel (.............), yaitu menempelkan mata tunas dari dua tanaman yang sejenis tetapi berbeda sifat

Kunci Jawaban bisa didownload di sini.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi