Pengertian Tingkat substitusi marginal
Tingkat substitusi
marginal : marginal rate of substitution
Sudut dari kurva
indiferens yang menggambarkan berapa banyak lagi barang harus diserahkan untuk
mendapatkan satu unit barang lain dengan tingkat kepuasan yang sama.
Biasanya dinyatakan
sebagai rasio terhadap barang lain.
Contoh: 5 liter
minyak tanah untuk mendapatkan 1 kg gula pasir.
Tingkat upah dasar :
base rate
Dalam sistem
pengupahan dimaksudkan tarif/tingkat upah yang didasarkan pada output yang
ditentukan atau periode kerja.
Tinjauan kemajuan :
progress review
Pemeriksaan kembali
kemajuan yang dicapai perusahaan.
Tinjauan pelaksanaan
departemental: departmental performance review
Pemeriksaan kembali
tentang pelaksanaan kegiatan tiap departemen untuk mengawasi atau mengendalikan
biaya proyek, khususnya biaya non produksi.
Titik balik atas :
upper turning point
Titik resesi mulai.
Titik dasar : basing
point
Tempat yang dipilih
untuk dijadikan dasar penentuan jarak dan tarif pengangkutan dari satu tempat
ke tempat-tempat lain.
Titik kejenuhan :
saturation point
Suatu tingkat dimana
daya serap relatif akan barang dan jasa diharapkan tidak meningkat.
Ia dinyatakan
sebagai rasio, misalnya pemilikan lemari es per keluarga atau per 100 orang.
Kalau titik itu sudah dicapai, kenaikan permintaan akan kecil sekali.
Tidak tahan lama :
non durables
Ketidaktahanan
barang sehingga hanya dapat digunakan dalam waktu relatif singkat misalnya
sayur-sayuran, dan bahan makanan lainnya.
Tingkah laku :
behaviours
Perilaku seseorang
dalam menghadapi suatu peristiwa atau melihat barang, misalnya tingkah laku seseorang
dalam menghadapi suatu resiko, barang, reklame.
Tingkat balas jasa
modal : rate of return on capital
Rasio keuntungan
yang diterima sebuah perusahaan terhadap jumlah seluruh modal yang ditanam.
Tingkat jumlah
audiens : level of audience aggregation
Tingkat audiens
berdasarkan kuantitasnya, misalnya perorangan, kelompok, masyarakat
keseluruhan.
Tingkat kelupaan :
forgetting rate
Dalam pemasaran,
besar kecilnya kelupaan seorang langganan misalnya terhadap merek produk
tertentu jika tanpa tindakan pendorong dari perusahaan misalnya dalam bentuk
promosi.
Tingkat kemelaratan
: Poverty rate
Suatu ukuran dari
jumlah pendapatan minimum yang diperlukan untuk menghindarkan kemelaratan.
Tingkat kesadaran
dan perhatian audiens: level of audience awareness and interest
Tingkat kesadaran
dan perhatian audiens terhadap produk atau perusahaan.
Tingkat penggantian
: replacement rate
Tingkat
pembelian/konsumsi barang konsumsi maupun barang industri oleh pemakainya
dihubungkan dengan tingkat kepuasan yang diharapkan dari barang-barang
tersebut, misalnya tingkat penggantian barang kebutuhan sehari-hari lebih besar
daripada barang perbelanjaan (shopping goods).
Comments
Post a Comment