Carilah persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat pada kesultanan Samudera Pasai, Aceh Darussalam, Demak dan Banten

A. Persamaan
1. Bidang Perdagangan
Kesultanan itu semuanya mempunyai kesamaan pada kegiatan ekonominya yaitu pada bidang perdagangan, seperti misalnya Samudera Pasai di sana karena mempunyai pelabuhan yang menghubungkan pedagang dari luar negeri menuju ke wilayah nusantara lainnya. Sama halnya dengan kerajaan Aceh yang menjadi tempat transit pedagang-pedagang Islam yang mau berdagang ke Nusantara karena  Malaka yang sudah dikuasai Portugis.  Sedangkan demak juga mempunyai pelabuhan-pelabuhan kecil di beberapa wilayahnya misalnya: Tuban, Tasik dan Jepara yang menghubungkan dengan wilayah-wilayah lain indonesia bagian barat maupun Indonesia bagian timur. Banten juga mengambil peran yang besar dalam perdagangan di mana ada salah satu wilayah pelabuhan yang sangat besar yaitu Sunda Kelapa yang menjadi tempat perdagangan yang cukup besar untuk menghubungkan Nusantara dengan luar negeri.
2. Bidang Politik
Kesultanan-kesultanan itu mempunyai corak politik yang sama yaitu kerajaan. Sistem pemerintahan kerajaan yang dipimpin langsung oleh seorang Sultan, masa pemerintahan Sultan dihitung dari dia mulai naik tahta sampai pada saat ia menyerahkan kekuasaannya kepada keturunannya, biasanya putra mahkota sejarah turun temurun. Sultan mempunyai kekuasaan penuh terhadap kerajaan yang dipimpinnya, biasanya  kemakmuran rakyatnya tergantung pada Sultan nya, semakin baik Sultan memerintah maka kesejahteraan rakyatnya juga baik, begitu pula sebaliknya.

B. Perbedaan
Bidang Kebudayaan
Kerajaan Samudera Pasai dan Aceh berkembang di Sumatera maka budayanya berbeda dengan kebudayaan Banten dan Demak yang masih terpengaruh budaya Jawa. Sehingga kesenian dan hasil budaya lainnya juga berbeda. Misal di Aceh ada tari saman, sedangkan di Jawa pada saat itu berkembang kesenian wayang kulit sebagai media dakwah.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi