deskripsikan perubahan yang terjadi pada masing-masing zaman (Zaman Batu dan Zaman Logam)

Zaman Batu
1. Zaman Paleolitikum :
Deskripsi perubahan yang terjadi adalah :
- Masa ini merupakan masa awal dari zaman batu yang menjadi awal tumbuhnya kebudayaan manusia praaksara, khusus di Indonesia dinamakan kebudayaan Ngandong & Pacitan
- Pada saat itu kehidupan yang dijalani oleh manusia praaksara masih sangat sederhana, mereka bertahan hidup dengan memanfaatkan kekayaan alam disekitarnya, seperti : umbi-umbihan, ikan di sungai, hewan liar dan buah-buahan.
- Manusia sudah berusaha membuat alat bantu dalam kehidupannya tetapi alat-alat itu masih sangat sederhana dan terbuat dari batu atau alat serpih lainnya, alat tersebut biasanya berupa kapak berimbas.

2. Zaman Mesolitikum
Deskripsi Perubahannya yaitu :
- Zaman ini ditandai dengan munculnya kebudayaan Kjokkenmoddinger (sampah dapur) dan kebudayaan Abris sous Roche (fosil kulit kerang)
- Alat-alat yang digunakan sudah mulai halus dalam pembuatannya.
- kehidupan manusia jaman ini sudah mulai menetap, hal ini dibuktikan dengan adanya fosil arang & sampah dapur serta adanya fosil kerang yang menumpuk pada satu tempat diduga manusia sudah menetap dalam waktu lama disuatu tempat, misalnya goa yang dekat dengan pantai dan sungai.
- Nama alat saat itu adalah kapak sumatera, mata panah dan alat dari tulang hewan.

3. Zaman Neolithikum
Deskripsi Perubahannya yaitu :
- Sebutan zaman ini adalah zaman batu baru yang menghasilkan kebudayaan yang lebih baik, terutama dalam membuat alat-alat dari batu sudah dibuat dengan teliti sehingga menghasilkan alat yang halus dan lebih sempurna. Contoh alat itu adalah : kapak lonjong dan kapak persegi.
- Masyarakat dalam skala kecil sudah terbentuk yang hidup menetap dan melakukan pertanian meskipun sederhana.

4. Zaman logam
Gambaran perubahannya adalah :
 - setelah lama memakai batu untuk keperluan sehari-hari, maka manusia prakasara beralih menggunakan logam (perunggu, besi dan tembaga) karena mempunyai keunggulan yang lebih awet, lebih ringan dan mudah dibentuk.
- Manusia sudah hidup menetap dan membentuk tata hubungan dan kekuasaan yang dipimpin oleh seorang kepala suku yang mereka pilih sendiri.
- Alat-alat yang mereka buat berupa : Kapak corong, kapak sepatu, bejana, nekara dan moko.

- Sudah ada pembagian peran dalam masyarakat, misalnya ada yang menjadi petani, tukang logam, pembuat gerabah dan lain-lain.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi