Peran pasar dalam kegiatan ekonomi

1. Menentukan menentukan harga dan Nilai suatu barang
Di pasar penjual dan pembeli melakukan transaksi sehingga terjadi tawar-menawar yang nantinya menghasilkan harga bagi suatu barang dan jasa. Harga tersebut merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli sehingga bisa disimpulkan pasar adalah tempat terjadinya harga.

2. Bisa menentukan kuantitas pembelian dan penjualan
Di dalam pasar pembeli bisa menentukan berapa banyak jumlah barang yang akan dibeli sesuai dengan kemampuannya. Sehingga berdasarkan data setiap hari yang diperoleh dari pembiayaan konsumen bisa ditentukan berapa banyak barang dan jasa yang akan disediakan sehingga proses jual beli bisa berjalan dengan lancar karena jumlah barang dan jasa sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan yang ada

3. Memprediksi persediaan
Pasar bisa dijadikan indikator berapa jumlah barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara keseluruhan. Data-data yang bisa diperoleh dari pasar bisa dijadikan rujukan bagi semua pelaku ekonomi termasuk pemerintah untuk menyediakan persediaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat pada waktu di masa depan. Ini penting ini penting supaya tidak terjadi kelangkaan barang dan jasa dalam masyarakat.

4. Pengenalan produk atau promosi
Kita sering melihat beberapa perusahaan melakukan promosi produk barunya di pasar. Mereka melakukannya dengan berbagai bentuk iklan, billboard, brosur dan katalog, hal ini dilakukan karena terdapat banyak pembeli potensial yang ada di pasar. Sehingga produsen lebih mudah memasarkan produk barunya.

5. Menjaga kelangsungan produksi
Setiap perusahaan pasti menginginkan produknya laku di pasaran. Karena produk yang laku bisa menjaga eksistensi produksi pusat tersebut. Selain itu pasar juga bisa dijadikan patokan terhadap jumlah produksi yang akan dihasilkan oleh suatu perusahaan pada satu batu. Produksi yang berlangsung secara normal bisa meningkatkan Jumlah pendapatan perusahaan sekaligus menambah lapangan kerja.

6. Sebagai tempat distribusi barang dan jasa

Dengan semakin banyaknya pasar maka akan semakin mempermudah proses distribusi barang dan jasa kepada konsumen. Sehingga fungsi-fungsi distribusi terutama fungsi untuk menjaga harga dan mengatasi kelangkaan barang dan jasa. Bagi konsumen bisa boot yang mendapatkan bahan dan jasa yang dibutuhkannya sedangkan produsen bisa memperoleh keuntungan.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi