Diskusikan dengan temanmu, teori mana yang menurut pendapatmu paling kuat terkait dengan masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia?

Dalam teori masuknya pengaruh Hindu-Buddha terdapat 4 Teori utama yaitu : teori Waisya, Teori Kstria, Teori Brahmana dan Teori Arus Balik. Dari beberapa teori tersebut yang memiliki keterkaitan paling kuat yaitu teori Waisya.
Seperti yang banyak dibahas dalam sejarah Nusantara, sebagian besar kegiatan bangsa-bangsa di kepulauan Nusantara untuk bisa berhubungan dengan dunia luar adalah dengan pelayaran antar pulau. Sedangkan Pelayaran itu biasanya bisa terjadi karena adanya perdagangan antar bangsa. Pada saat itu perdagangan yang paling banyak terjadi adalah dengan bangsa India yang mempunyai produk-produk yang dibutuhkan di Nusantara. Dalam perkembangannya, banyak muncul pelabuhan-pelabuhan besar yang menjadi tempat berlabunya kapal-kapal dari India yang singgah di Indonesia. 

Biasanya yang datang merupakan kaum pedagang atau Waisya yang melakukan perdagangan dengan kaum pribumi. Pertemuan ini memunculkan interaksi sosial di antara mereka. Selain itu pada saat itu pelayang masih tergantung terhadap alam, pelayaran masih tergantung pada arah angin. Jadi pada suatu ketika arah angin tidak mendukung untuk bisa kembali ke India maka pedagang ini akan menetap sementara waktu di Nusantara dengan membuat pemukiman di dekat pelabuhan. Pemukiman sementara ini memunculkan interaksi sosial yang akhirnya terjadi pernikahan dengan kaum pribumi. Dari interaksi sosial inilah maka pengaruh Hindu-Buddha bisa tersebar luas di kepulauan Nusantara terutama di daerah-daerah pesisir yang mempunyai pelabuhan perdagangan Internasional. Hal ini juga dibuktikan bahwa sebagian dari kerajaan-kerajaan di Nusantara mempunyai wilayah yang dekat dengan pantai dan memiliki pelabuhan-pelabuhan yang besar.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi