Pengaruh-pengaruh budaya Hindu-Buddha yang masih dilakukan hingga saat ini di sekitar tempat tinggal

1. Seni bangunan
Seni bangunan pada zaman Hindu-Buddha sebagian besar berbentuk candi yang mempunyai struktur seperti punden berundak, Struktur bangunan ini masih digunakan sampai sekarang, misalnya pada bangunan gapura yang dibangun masyarkat untuk pintu masuk desa atau pemukiman.

2. Seni Rupa dan Ukir
Sampai sekarang kemahiran para pengerajin seni rupa di Indonesia masih banyak, hal ini di turunkan secara terus menerus sejak jaman dulu. Didaerah Bali masih banyak ditemukan para pematung  dan di Jepara Jawa Tengah terdapat banyak pengerajin ukiran kayu jati yang sangat indah yang memiliki kualitas ekspor.

3. Sastra dan Aksara

Karya Sastra Mahabarata & Ramayana menjadi kisah yang sampai sekarang masih disukai oleh masyarakat Indonesia, dalam perkembagannya cerita ini menjadi seni pertunjukkan berupa wayang kulit dan Wayang Orang yang Sampai sekarang masih sering dipertunjukkan di hadapan publik atau media elektronik misalnya Televisi dan Radio. Selain itu karya sastra ini sudah dibuat dalam bentuk Sinetron dan Film. Selain itu ada beberapa tempat di Indonesia seperti di Pulau Jawa masih menggunakan huruf Jawa yang mirip dengan huruf dari India.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi