Kamus Ekonomi : Pengertian teori kemampuan membayar pajak

Teori kemampuan membayar pajak : ability to pay tax theory 
Teori mengenai kemampuan untuk membayar pajak. Secara teoritis kemampuan membayar diukur berdasarkan pengorbanan (kehilangan guna). Misalnya pendapatan, kekayaan atau juga konsumsi digunakan sebagai ukuran kemampuan membayar pajak.

Teori preferensi likuiditas : liquidity preference theory
Adalah Teori yang membahas tentang keinginan psikologis dari perorangan/keluarga atau perusahaan dagang untuk menahan sebagian dari kekayaannya dalam bentuk uang tunai.

Tertanggung : beneficiary
1. Orang yang dijamin utangnya oleh orang lain (penanggung)
2. Dalam asuransi : orang yang menerima uang asuransi.

Tertanggung : insured
Adalah Orang atau pihak yang kepentingan-kepentingannya dipertanggungkan dan dilindungi oleh polis asuransi.

Tes kepribadian : personality tests
Pengujian kepribadian seseorang untuk menilai sifat-sifat kepribadiannya.

Tes pasca : post test
Dalam pemasaran : pengujian dalam penelitian pasar dan k promosi misalnya tes yang diadakan untuk mengetahui efektivitas reklame dan penjualan.

Tes pemasaran : test of marketing
Tes yang dilakukan sebelum melempar produk dalam jumlah besar ke pasar. Produksi dalam jumlah kecil, kemudian dilempar kepada konsumen dalam jumlah terbatas untuk mendapat tanggapan tentang produk.

Tidak bonafied : malafide
Keadaan tidak dapat dipercaya. Lawan bonafied : (bonafide).

Tengkulak : assembler
Adalah Pedagang perantara yang mengumpulkan barang dari produsen-produsen kecil (misalnya: petani-petani kecil) untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah besar kepada industri yang memerlukan.

Teori akselerasi : acceleration theory
Teori yang menghubungkan tingkat investasi dengan tingkat perubahan pendapat nasional.

Teori harga : price teory
Adalah Suatu teori yang terutama membahas tentang arus barang dan jasa dari produsen (rumah tangga produksi) ke konsumen (rumah tangga konsumsi), arus faktor produksi dari rumah tangga konsumsi ke rumah tangga produksi, komposisi dari arus itu dan pemberian harga kepada unsur-unsur dari arus itu. Nama lain dari ekonomi makro.

Teori labah-labah : cobweb theorem
Umumnya dihubungkan dengan pengaruh harga terhadap hasil produksi sektor pertanian (mungkin juga industri) yang baru dapat memperbesar produksinya setelah suatu jangka waktu lama, jadi perusahaan yang mempunyai "gestation period" yang panjang. Seperti: pohon kelapa, cengkeh, karet dll. Yang baru dapat dipetik hasilnya setelah 5 atau 10 tahun kemudian dan pertumbuhan produksi tersebut akan memperbesar penawaran, sehingga harga cenderung menurun. Contoh: sektor industri adalah: galangan kapal, terutama kapal tanker.

Teori kemampuan membayar : ability to pay theory
Menurut teori ini seorang warga negara membayar pajak karena ia dapat dan besarnya pajak harus dibayar tergantung pada kemampuan untuk membayar. Beban pajak harus ditanggung bersama oleh seluruh masyarakat yang sesuai dengan asas keadilan dan pemerataan.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi