Pengertian Oomycetes, Osifikasi, Oxalidaceae, Papilionaceae

Pengertian Oomycetes
(Dari Bahasa Yunani : Oon = telur ; Mykes = jamur) adalah suatu kelas jamur yang sudah memiliki organ untuk kawin berupa oogonium (alat betina, penghasil ovum atau sel telur) dan spermatium (alat jantan, penghasil spermatium) pada hifanya yang tidak bersekat, dan menghasilkan spora kembara, serta biasanya mereka hidup di bangkai hewan.

Pengertian Osifikasi
(Berasal Bahasa Latin : Os = tulang ; Facere = membuat) yaitu suatu proses pembentukan tulang keras dari tulang rawan. Hanya tulang rawan yang mengandung matriks yang dapat menjadi tulang keras. Osifikasi ini berasal dari tulang rawan yang bisa mengeluarkan matriks tulang, kemudian akan terbentuk benih tulang atau osteoblast untuk pengisian matriks tersebut dengan senyawa protein dan senyawa kapur serta posfor agar tulang bersifat keras. Pada proses penulangan dibutuhkan kofaktor berupa vitamin D  serta sinar matahari. Pada tulang pipa, awal osifikasi terjadi di bagian diafise (bagian tengah), kemudian melebar ke bagian kedua ujungnya (epifise). Setelah matriks tulang terisi, apabila matriks tersebut padat dan rapat terbentuk tulang kompak, sedangkan bila matriks tersebut berpori akan terbentuk tulang spons.
Beberapa jenis tulang seperti tulang pipa membentuk rongga sebagai tempat sumsum tulang yang berfungsi untuk pembentukan sel- sel darah. Rongga tulang terbentuk sebagai akibat adanya kegiatan osteoclast (benih pembuat rongga tulang).
Sinonimnya adalah osteogenesis.
Lawannya adalah osteomalasi, yaitu proses pelunakan tulang keras menjadi tulang rawan kembali sebagai akibat unsur kalsiumnya (Ca') diambil kembali untuk memenuhi kadar kalsium darah yang sangat penting di dalam penjalaran rangsang. Untuk analogi tentang gejala osteomalasi adalah bagaikan tiang beton yang kuat, lalu diambil kembali batuan semennya sehingga tinggallah kerangka besinya saja yang menjadi lentur.

Pengertian Oxalidaceae, Oxalis
(Oxalis = rasa masam) adalah suatu famili tumbuhan dikotil yang seluruh bagian tumbuhan itu memiliki rasa masam, karena mengandung asam oksalat, dan bentuk buahnya bersegi banyak. Contohnya: calincing (Oxalis), belimbing besar (Averrhoa carambola), dan belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) untuk obat atau campuran sayur asam.

Pengertian Papilionaceae
(Dari Bahasa Latin : Papilion = sejenis kupu-kupu) yaitu suatu famili tumbuhan dikotil yang bunganya memiliki susunan serupa kupu-kupu, yaitu mahkota bunganya ada tiga macam:
a. bendera (vexilum) ada satu helai terlebar;
b. sayap (ala) ada dua helai di bagian sampingnya;
c. lunas (corina) ada dua helai berupa mahkota kecil di bagian dasar berbentuk bulan sabit.
Contoh: turi (Sesabania grandiflora), dadap (Erythrina).

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi