Porifera

Porifera berasal dari bahasa Latin, porus yang artinya pori dan fer yang artinya membawa. Jadi, Porifera adalah binatang atau hewan berpori, karena tubuhnya berpori-pori mirip spon. Pori-pori tersebut merupakan muara saluran air dan makanan menuju bagian rongga di tengah tubuhnya (oskulum). Tubuh Porifera terdiri atas banyak sel, tetapi belum ada saraf dan otot. Tubuhnya dibentuk dari jaringan embrional diploblastik (lapisan endoderm dan ektoderm), asimetris (tidak beraturan) meskipun ada yang simetris radial, berbentuk seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau tumbuhan air. Tubuh Porifera dilengkapi dengan sel-sel berleher (koanosid) yang berfungsi untuk menangkap makanan.
Perkembangbiakan berlangsung secara aseksual dengan pembentukan tunas dan gemmule dan secara seksual dengan cara peleburan sel sperma dengan sel ovum yang terjadi di luar tubuh. Hewan ini memiliki daya regenerasi yang tinggi. Berdasarkan sirkulasi air yang terjadi dalam tubuh Porifera terdapat 3 tipe, yaitu tipe askonoid, sikonoid, dan leukonoid. Sedangkan berdasarkan susunan rangkanya, Porifera terbagi menjadi 3 kelas, yaitu sebagai berikut.
1. Calcarea
Kerangka tubuh Calcarea berupa spikula seperti duri-duri kecil dari kalsium karbonat. Misalnya Scypa, Grantia, dan Leucosolenia.
2. Hexactinellida
Kerangka tubuh kelas Hexactinellida berupa spikula yang mengandung silikat. Contohnya adalah Euplectella.
3. Demospongiae
Kerangka tubuh kelas Demospongiae berupa spikula yang mengandung silikat bersama-sama spingin atau hanya spongin saja. Contoh Demospongiae adalah Euspongia dan Spongilla.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi