Pengertian Porifera, Polihibrida, Platyhelminthe, Phaeophyceae

Pengertian Porifera
(Gk. Poros = saluran kecil, lubang kecil ;  Ferre = mengandung) adalah suatu filum hewan dari Metazoa yang tubuhnya dibangun dari jaringan embrional diploblastik (lapisan endoderm dan ekstoderm), simetri radial atau asimetri, dan dipenuhi dengan lubang pori-pori tubuh sebagai alat masuk mangsanya dan dilengkapi sel-sel koanosit yang berfungsi mencerna zat-zat yang masuk ke dalam saluran tubuh tersebut. Hewan ini memiliki rangka tubuh yang terbuat dari spons dan zat kersik, sehingga dikenal dengan binatang spons. Tipe rangka tubuhnya: ascon, sycon, dan rhagon (Lihat gambar di samping ini!).

Pengertian Polihibrida (Polyhybrida)
(Gk. Polys = banyak; Hybrid = persilangan) yaitu suatu bentuk persilangan dengan banyak tanda beda, baik pada tumbuhan maupun hewan. Jika persilangan hanya satu tanda beda disebut Monohibrid (contoh persilangan mawar merah dengan mawar putih), dan jika ada dua tanda beda dalam persilangan disebut Dihibrid.

Pengertian Platyhelminthe
(Gk. Platys = pipih; Helmints = cacing) yaitu suatu filum golongan cacing yang bertubuh pipih simetri bilateral, yang memiliki saluran pencernaannya berfungsi pula sebagai saluran peredaran darahnya (sistem gastrovasculer), dan tipe mulut pengisap, dikenal dengan sebutan cacing pipih. Sekalipun bertubuh pipih, tetapi sudah tergolong hewan triploblastik, yaitu jaringan embrionalnya sudah membentuk lapisan endoderm, ekstoderm, dan mesoderm mencakup golongan cacing pita (Cestoda), cacing getar (Turbellaria), dan golongan cacing hati (Trematoda).

Pengertian Phaeophyceae
(Gk. Phaios = agak kehitaman, coklat, pirang; Phykos = rumput laut, ganggang, algae) adalah suatu kelas ganggang yang memiliki pigmen dominan coklat (fikosantin) dan mengandung zat cadangannya asam alginat seperti laminarin, manitol, dll. Beberapa jenis memiliki gelembung udara (kantung udara) sebagai alat apungnya dan umumnya bergetah. Contoh anggotanya: Sargassum, Turbinaria (thallus ada yang mirip bentuk turbin), Fucus (thallus tampak pipih, karcna mcmiliki ala atau sayap, dan bcrcabang sccara dikotoni) Hormophyra (thallus bcrbentuk segitiga), Padina (thallus mirip jamur kuping), dll. seperti terlihat pada gambar di bawah atau samping ini. Dalam beberapa klasifikasi statusnya diangkat menjadi divisi Phaeophyta.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi