Apa Saja Ciri-Ciri Makhluk Hidup?

Makhluk hidup berbeda dengan makhluk tak hidup (benda mati) di antaranya karena makhluk hidup dapat melakukan aktivitas-aktivitas kehidupan sebagai berikut.
Bernafas
Setiap makhluk hidup bernafas dengan oksigen dan menghasilkan karbodioksida.
Makan
Kita dapat dengan mudah melihat hewan dan manusia makan. Ikan menangkap mangsanya sebagai makanan. Manusia pun memerlukan makanan untuk tetap hidup.
Tumbuh
Hasil dari proses makan yang dilakukan oleh tumbuhan, diantaranya dipakai untuk tumbuh dan berkembang. Pohon yang ada di sekeliling kita semakin lama akan semakin tinggi dan semakin besar, karena mengalami proses tumbuh. Begitu pula dengan manusia.
Berkembang Biak
Tujuan berkembang biak adalah untuk memperbanyak diri sehingga keturunannya tidak punah. Manusia berkembang biak dengan melahirkan, sedangkan hewan ada yang berkembang biak dengan bertelur, ada juga yang melahirkan.
Melakukan Adaptasi
Adaptasi artinya menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Contoh adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan yang tumbuh di daerah kering antara lain dengan mempunyai akar yang panjang dan kokoh ke dalam tanah. Akar ini bertujuan untuk mendapatkan air di dalam tanah. Berbeda dengan tumbuhan yang hidup di atas air. Tumbuhan jenis ini akarnya lebih pendek namun memiliki daun yang lebar dan tipis. Contoh tumbuhan yang hidup di air adalah teratai. Ayo, perhatikan bagaimana ciri-ciri tanaman teratai sehingga tumbuhan ini mampu hidup di air.
Memiliki Sistem Kerja dan Metabolisme Biokimia di dalam Tubuhnya
Sistem kerja biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan yaitu: pengangkutan air dan bahan mineral dari akar menuju daun; proses pengolahan air dan garam mineral menjadi zat makanan proses penyebaran bahan makanan dari daun ke seluruh tubuhnya; sistem pengaturan di dalam tubuhnya sehingga menjadi selaras dan seimbang.
Dapat Bergerak
Makhluk hidup seperti hewan dan manusia dapat bergerak ataupun berpindah tempat.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi