Buah

Apa Sebenarnya Buah pada Tanaman?
Buah merupakan salah satu organ pada tumbuhan. Buah berasal dari bunga, terutama dari bagian putik. Setelah mengalami penyerbukan, tumbuhan akan membentuk bakal buah yang nantinya berkembang menjadi buah.
Bagi tumbuhan sendiri, buah berfungsi untuk melindungi biji. Di dalam buah terdapat biji. Biji tanaman dilindungi oleh daging buah yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Daging buah berasal dari pembuahan sel kelamin jantan dengan lembaga sekunder. Daging buah ini pula yang kita makan karena rasanya yang umumnya manis dan menyegarkan.
Bagian luar buah biasanya ditutupi oleh kulit buah. Karena kulit buah ini letaknya paling luar maka fungsinya pun sebagai pelindung buah. Untuk menghubungkan buah dengan batang atau cabang pohon, buah memiliki tangkai.
Ada Berapa Macam Buah yang Kamu Kenal?
Di sekitar kita banyak sekali buah-buahan baik yang berada di pohon atau yang sudah lazim dijual. Untuk memudahkan mempelajari dan mengenali jenis buah maka dibuat beberapa pengelompokkan.
a. Buah berdasarkan bakal buah pembentuknya dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu
- buah tunggal
- buah agregat
- buah majemuk
- buah semu
Contoh buah tunggal adalah tomat dan jeruk. Buah tunggal terbentuk dari satu bakal buah. Buah agregat terbentuk oleh banyak bakal buah yang berasal dari satu bunga, misalnya buah strawbery.
Sementara buah majemuk merupakan kebalikan dari buah agregat karena terbentuk dari lebih dari satu bakal buah dari banyak bunga. Contoh buah majemuk adalah nangka.
Buah semu terbentuk oleh bakal buah dan bagian bunga yang lain, contohnya jambu monyet.
b. Berdasarkan keadaan lingkungannya yang memungkinkan buah ini tumbuh, buah dikelompokkan menjadi :
- buah temperate
Buah temperate umumnya dapat tumbuh subur di musim dingin atau di tempat dengan suhu yang relatif dingin. Contoh buah temperate adalah apel dan anggur.
- buah subtropis
Buah subtropis adalah buah yang dapat hidup di daerah beriklim subtropis. Jenis buah subtropis memerlukan suhu yang hangat atau sejuk sepanjang tahun. Contoh buah subtropis adalah kurma dan zaitun.
- buah tropis.
Indonesia termasuk negara tropis, sehingga banyak sekali buah-buah tropis berada di negara kita. Indonesia kaya akan beraneka jenis buah-buah. Suhu udara yang ada di Indonesia memungkinkan jenis-jenis buah tropis dapat tumbuh dan menjadi ciri Indonesia. Contoh buah yang tumbuh di Indonesia diantaranya pisang, mangga, manggis, dan nanas.
c. Berdasarkan kandungan airnya, buah dibedakan menjadi :
- buah sukulen atau berair
Buah yang sering kita makan adalah jenis buah sukulen. Jenis ini memiliki daging buah yang tebal dan rasanya enak. Buah sukulen dibagi beberapa macam berdasarkan jenis daging buah dan jumlah bijinya. Buah sukulen yang mempunyai daging buah tebal seperti biasa namun terdapat biji di tengah- tengah yang berkulit keras disebut buah batu. Contoh buah batu adalah kelapa dan rasberi. Buah sukulen yang mempunyai banyak biji disebut buah buni. Jenis buah ini tidak memiliki lapisan pelindung biji yang keras. Seluruh bagian daging buahnya lunak. Contoh buah buni adalah jeruk dan anggur.
- buah kering.
Buah kering adalah buah yang daging buahnya tidak mengandung air. Buah kering memiliki kantong-kantong kering yang menyimpan biji-biji sampai masak. Contoh buah kenari, polong atau buah tumbuhan kapri, padi, serta gandum. Biji kenari dilindungi oleh kulit biji yang sangat keras. Polong atau legume adalah jenis buah kering di mana biji-bijinya menempel pada dinding-dindingnya. Contoh berikutnya adalah padi. Sekilas kita melihat padi merupakan biji. Ternyata padi termasuk buah kering yang dikenal dengan istilah bija. Buah kering jenis ini berukuran kecil yang dindingnya bergabung dengan kulit biji. Apa
Manfaat Buah Bagi Manusia?
Manusia dapat mengambil manfaat dari buah. Banyak jenis buah- buahan yang dapat dimakan Bagian buah yang sering kita makan adalah daging buahnya. Daging buah yang kita makan rasanya enak dan segar. Selain itu, buah yang sering dikonsumsi manusia memberi manfaat, misalnya mengandung vitamin, khususnya vitamin C yang tinggi, mengandung mineral serta zat makan yang diperlukan oleh tubuh, mengandung zat yang dapat digunakan untuk obat, dan masih banyak lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi