Echinodermata

Echinodermata dari bahasa Yunani yang berasal dari kata echino yang berarti landak dan derma yang berarti kulit. Jadi, Echinodermata adalah binatang berkulit duri yang hidup di wilayah laut dengan jumlah lengan yang banyak.Tubuhnya berbentuk simetris radial yang terbagi menjadi 5 bagian. Rangka Echinodermata terbuat dari lempeng-lempeng zat kapur. Permukaan kulitnya dilengkapi dengan duri- duri sebagai alat pelindung diri.
Hewan ini tidak mempunyai kepala dan bergerak menggunakan ratusan kaki yang berbentuk tabung dengan bagian ujung terdapat alat penghisap (ambulakral). Hewan ini hidup bebas di dasar laut, di pantai, bahkan di laut yang dalam. Makanannya adalah kerang, plankton, dan organisme yang mati. Sistem pencernaannya terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Echinodermata dapat dikelompokkan menjadi 5 kelas sebagai berikut.
1. Asteroidea
Asteroidea merupakan spesies Echinodermata yang paling banyak jumlahnya dan biasa disebut juga dengan bintang laut atau segi lima. Tubuhnya memiliki duri tumpul dan pendek. Duri tersebut ada yang termodifikasi menjadi bentuk seperti catut yang disebut pediselaria yang berguna untuk menangkap makanan serta melindungi permukaan tubuh dari kotoran.
oral merupakan mulut yang berada pada bagian tubuh, sedangkan bagian tubuh dengan lubang anus disebut aboral. Pada hewan ini, kaki ambulakral selain untuk berjalan juga digunakan untuk alat penghisap, sehingga dapat melekat kuat pada suatu dasar. Contoh spesies ini adalah macam-macam bintang laut.
2. Echinoidea
Echinoidea berbentuk bola atau pipih tanpa lengan. Permukaan tubuh hewan ini berduri panjang dan tidak mempunyai tangan. Rangkanya tersusun dari keping-keping zat kapur dan umumnya berduri. Echinoidea memiliki alat pencernaan yang berupa tembolok kompleks yang disebut lentera aristoteles. Contoh Echinoidea adalah landak laut dan bulu babi.
3. Ophiuroidea
Ophiuroidea dalam bahasa Yunani berasal dari kata ophio yang berarti ular. Tubuhnya mempunyai 5 tangan yang dapat digerakkan. Contoh Ophiuroidea adalah bintang laut dan bintang ular laut.
4. Crinoidea
Hewan ini berbentuk seperti tumbuhan. Crinoidea mempunyai jenis kelompok yang tubuhnya mempunyai tangkai dan tidak mempunyai tangkai. Contoh Crinoidea adalah bintang laut berbulu dan lili laut.
5. Holothuroidea
Hewan Holothuroidea tidak memiliki lengan dan bagian anus berada pada kutub yang berlawanan dari badannya. Respirasinya dinamakan pohon respirasi, karena sistem itu terdapat dua saluran utama yang memiliki cabang pada rongga tubuhnya. Keluar dan masuknya air melalui anus. Contoh Holothuroidea adalah teripang dan timun laut.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi