Bunga

Bunga tersusun dari beberapa bagian. Bunga lengkap memiliki lima bagian yaitu tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Sedangkan bunga tidak lengkap berarti tidak memiliki salah satu bagian bunga tersebut, misalnya hanya memiliki tiga atau empat bagian saja.
Berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakan, yaitu benang sari dan putik, bunga dibagi menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna memiliki putik dan benang sari. Sedangkan bunga tidak sempurna hanya memiliki salah satu dari alat perkembangbiakan.
Tiap bagian bunga memiliki fungsi tertentu. Tangkai bunga menghubungkan bunga dengan batang, kelopak bunga membungkus bunga pada saat belum mekar, mahkota bunga merupakan perhiasan bunga. Oleh karena itu, keindahan bunga ditentukan oleh bentuk dan warna mahkota bunga.
Benang sari merupakan alat perkembangbiakan jantan sedangkan putik merupakan alat perkembangbiakan betina.
Pada saat serbuk sari yang berasal dari benang sari jatuh dan menempel di atas kepala putik maka disebut dengan peristiwa penyerbukan. Peristiwa penyerbukan dapat dibantu oleh air, angin, serangga, dan burung.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi