Pengertian Lepidoptera, Leguminosae, Kyphosis, Kwashiorkor


Pengertian Lepidoptera
(Dari Bahasa Yunani : Lepis = sisik; Pteron = sayap) adalah suatu ordo serangga yang memiliki dua pasang sayapnya diliputi oleh sisik-sisik halus, mencakup seluruh bangsa kupu-kupu, memiliki metamorfosis sempurna (telur-larva-kepompong- dewasa), dan mulut pengisapnya serupa belalai, serta larvanya dikenal sebagai ulat (hama tanaman).

Pengertian Leguminosae
(Dari Bahasa Latin : Legume = buah polong) yaitu suatu bangsa dari tumbuhan dikotil yang menghasilkan buahnya berupa buah polongan. Buah polong adalah buah tunggal kering (tidak berdaging) yang dibentuk oleh satu karpel, dan setelah tua atau kering akan memecah pada kedua kampuhnya (batas pinggirnya). Golongan tumbuhan ini mencakup famili tumbuhan Papilionaceae (kacang- kacangan), Mimosaceae (daun putri malu, sikejut), dan Caesalpiniaceae (albasia, kembang merak, johar, dan lain-lain). Pada beberapa klasifikasi, bangsa tumbuhan ini disebut golongan Rosales.

Pengertian Kyphosis (Kifosis, Bungkuk)
adalah suatu kondisi tubuh yang menunjukkan kelainan pada tulang belakang (vertebrae) sehingga punggungnya tampak membungkuk sebagai akibat tubuh kekurangan zat kalsium dan beban tubuh yang terlalu berat.
Kelainan tulang belakang lainnya adalah skoliosis (badan condong ke samping) dan lordosis (badan condong ke depan).

Pengertian Kwashiorkor
yaitu suatu penyakit akibat defisiensi protein pada anak-anak yang ditandai dengan berhentinya pertumbuhan, pembengkakan tangan, kaki, dan wajah karena edema (jaringan banyak mengandung air), pembesaran hati karena degenerasi lemak, perubahan warna rambut menjadi kemerahan, kelainan kulit atau mengeringnya dan kisutnya kulit, lisutnya otot-otot, busung perut, dan terkadang xeroftalmia.
Kekurangan protein yang didahului oleh kekurangan kalori menyebabkan penyakit marasmus, yang menunjukkan penampilan tubuh yang kurus-kering.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi