Tumbuhan Berbiji

Apakah Itu Tumbuhan Berbiji?
Seperti namanya, kelompok tumbuhan berbiji dapat menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan. Dengan adanya biji ini menjadikan kelompok tumbuhan berbiji atau Spermatophyta lebih maju secara evolusi dibandingkan kelompok tumbuhan lumut dan paku. Tumbuhan berbiji yang sekarang ada di bumi kita ini meliputi kurang lebih 1.700.000 jenis tumbuhan. Berdasarkan keadaan bijinya, tumbuhan berbiji dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Suatu tumbuhan dikatakan berbiji terbuka (Gymnospermae) karena biji tumbuhan ini terletak di luar dan tidak tertutup daun buah. Sedangkan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) memiliki biji yang tidak tampak karena terbungkus oleh dauh buah dan daging buah. Masing-masing kelompok tumbuhan berbiji ini memiliki keunikan dan manfaatnya bagi manusia.
Apa Kegunaan Gymnospermae?
Tumbuhan yang termasuk ke dalam kelompok ini terdiri atas kelompok tumbuhan berkayu dengan berbagai jenis tipe batang yang umumnya keras dan berkayu. Jenis akar tumbuhan ini adalah akar tunggang. Contoh-contoh tumbuhan Gymnospermae adalah pakis haji (Cycas rumphii), pinus, melinjo (Gnetum gnemon).
Kelompok tumbuhan ini menyumbangkan manfaat besar bagi kehidupan manusia. Kelompok pinus dan agathis sering dimanfaatkan untuk industri kertas dan korek api. Selain itu, ada juga yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Melinjo dimanfaatkan buah dan daunnya sebagai bahan makanan sayuran atau dapat diolah menjadi makanan ringan seperti emping.
Apa Keunikan Angiospermae?
Tumbuhan berbiji tertutup atau Angiospermae dikenal juga dengan istilah tumbuhan berbunga. Dengan adanya bunga pada kelompok tumbuhan ini maka kelompok Angiospermae dapat dikatakan memiliki tingkat perkembangan yang paling maju di antara kelompok tumbuhan lainnya.
Berdasarkan kotiledonnya, tumbuhan biji tertutup dikelompokkan ke dalam dua kelas, yaitu dikotil dan monokotil.
Ciri dari tumbuhan dikotil adalah:
- mempunyai dua kotiledon pada biji,
- pertulangan daun menjari,
- berkas pembuluh pada batang melingkar,
- daun mahkota bunga berjumlah 4, 5 atau kelipatannya,
- memiliki sistem akar tunggang.
Ciri umum monokotil:
- memiliki pertulangan daun yang sejajar,
- berkas pembuluh pada batang tersebar,
- daun mahkota bunga berjumlah 3 atau kelipatannya,
- memiliki akar serabut.
Tumbuhan biji tertutup ini banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Kelompok dari tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bahan sandang, bahan obat-obatan, bahan bangunan, pelindung pantai dari abrasi, dan bahan rempah- rempah

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi