Kamus Biologi : Pengertian Gymnospermae, Herbivora, Hidrokori, Hymenoptera, Indusium

Pengertian Gymnospermae
(Dari Bahasa Yunani : Gymnos = telanjang, terbuka; Sperma = biji) adalah suatu golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dengan keadaan tidak tertutup oleh daging buah (karpel) sehingga tampak dari luar sejak masih bakal biji hingga menjadi biji. Ciri lainnya adalah memiliki alat perkawinan ("bunga") berbentuk strobilus (karangan bunga berbentuk kerucut) seperti yang dimiliki oleh tumbuhan paku-pakuan berdaun sisik, dan tidak memiliki perhiasan bunga, dan sistem pembuahannya tunggal, serta pola percabangan batangnya adalah monopodial (poros batang tumbuh lurus). Contoh- nya: pakis haji (Cycas rumphii), tangkil atau melinjo (Gnetum gnemon), Podocarpus, Pinus, Ginkgo.
Nama lainnya: Pinophyta.

Pengertian Herbivora
(Dari Bahasa Latin : Herba = tumbuhan rerumputan; Vorare = memakan) yaitu suatu golongan hewan pemakan tumbuhan saja sehingga hanya memiliki gigi geraham sebagai alat untuk mencerna makanan. Dalam suatu ekosistem dikenal sebagai konsumen pertama, karena ia sebagai pemakan produsen (tumbuhan hijau). Contohnya: sapi, domba, kuda, dan lain-lain.

Pengertian Hidrokori (Hydrochory)
(Berasal Bahasa Yunani : Hydor = air; Choreiti = menyebar) yaitu suatu penyebaran alat perkembangbiakan pada tumbuhan yang dibantu oleh aliran air. Ciri alat perkembangbiakan ini memiliki alat apung berupa rongga-rongga udara dan adanya lapisan yang kedap air, seperti terdapat pada struktur buah kelapa (Cocos nucifera), nyamplung (Calophyllum inulifolium), ketapang (Terminalia cattapa).

Pengertian Hymenoptera
(Dari Bahasa Yunani : Hymen = selaput; Pteron = sayap) adalah suatu bangsa atau ordo serangga yang memiliki dua pasang sayap berbentuk  selaput, bagian pangkal perutnya memiliki penggentingan dan memiliki penggentingan dan bagian ujung perutnya memiliki alat penyengat, serta daur hidupnya mengalami metamorfosis sempurna (telur-larva- kepompong-dewasa), mencakup bangsa lebah, tabuhan. Golongan lebah sering dipelihara untuk mendapatkan madunya yang berhasil dikumpulkan dari madu-madu bunga yang dihisapnya, kemudian beberapa jenis tumbuhan dapat digunakan sebagai pemberantas hama secara biologis.

Pengertian Indusium
(Dari Bahasa Latin : Induere = meletakan) adalah suatu lapisan jaringan penutup dan berperan melindungi sporangianya di dalam sorus pada tumbuhan paku-pakuan.

Comments

Popular posts from this blog

Tebak-tebakan lucu tentang Kopi

Tebak-tebakan lucu dan humor tentang Nasi

TTS Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi